Senin, 24 Desember 2012

Geografi dan Demografi Kota Binjai

Binjai terletak di antara sungai Mencirim dan Bingai. Rata-rata, itu adalah 28 m di atas permukaan laut. Sebagai gagak lalat, Binjai hanya 8 km dari Medan, meskipun Kabupaten Deli Serdang memisahkan keduanya. Namun, rute Highway Sumatara meningkatkan jarak efektif antara dua kota untuk 22 km.

Kedua sungai terdekat, Sungai Bingai dan Mencirim memenuhi kebutuhan kota akan air bersih, yang didistribusikan oleh perusahaan air setempat. Namun, ada banyak warga di pinggiran kota yang mengandalkan sumur untuk pasokan air mereka.

Binjai merupakan kota multi-etnik, dengan bahasa Jawa, Batak, warga China, India dan Melayu. Ini campuran etnis yang kompleks memberikan Binjai kehidupan budaya dan agama yang kaya. Total populasi untuk kota Binjai adalah 246.010. Seiring dengan Kabupaten Deli Serdang, kota berfungsi secara efektif sebagai pinggiran kota Medan.

Mayoritas penduduknya adalah Islam, terutama asal Jawa dan Melayu. Masjid terbesar terletak di Kapten Machmud Ismail Street. Populasi Kristen terbesar berikutnya, dan terutama terdiri dari orang-orang Kristen Sumatera, sedangkan mayoritas umat Buddha berasal dari Cina. Ada satu candi Hindu di Binjai, yang terletak di Jalan Ahmad Yani, dan populasi Hindu terutama terdiri dari etnis India.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar